Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Di Kelas VIII

Authors

  • Majid Majid Universitas Negeri Gorontalo
  • Franky A Oroh Universitas Negeri Gorontalo
  • Elisa Kristiani Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di lakukan di kelas VIII SMP negeri 3 Suwawa tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah subjek sebanyak 23 siswa. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data observasi kegiatan guru, analisis data observasi kegiatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk kategori “Baik” dan “Sangat Baik” dimana hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 68,18% menjadi 84,85%, hasil pengamatan kegiata siswa meningkat dari 50% menjadi 83,33%. Selain itu hasil belajar siswa pada ranah afektif meningkat dari 54,78% menjadi 80%, hasil belajar siswa pada ranah psikomotor meningkat dari 56,52% menjadi 81,52% sedangkan untuk hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat dari 47,83% menjadi 82,61%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Majid, M., Oroh, F. A., & Kristiani, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 630–640. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12519