Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Di Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di lakukan di kelas VIII SMP negeri 3 Suwawa tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah subjek sebanyak 23 siswa. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data observasi kegiatan guru, analisis data observasi kegiatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk kategori “Baik” dan “Sangat Baik” dimana hasil pengamatan kegiatan guru meningkat dari 68,18% menjadi 84,85%, hasil pengamatan kegiata siswa meningkat dari 50% menjadi 83,33%. Selain itu hasil belajar siswa pada ranah afektif meningkat dari 54,78% menjadi 80%, hasil belajar siswa pada ranah psikomotor meningkat dari 56,52% menjadi 81,52% sedangkan untuk hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat dari 47,83% menjadi 82,61%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-03-13
How to Cite
Majid, M., Oroh, F. A., & Kristiani, E. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 630–640. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12519
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Majid Majid, Franky A Oroh, Elisa Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).