Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12348Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara berperan dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa. Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah wajib mahasiswa yang mengikuti program Petukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang memfokuskan untuk menciptakan pemahaman mahasiswa dalam memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagai hal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang ditempatkan di Universitas Muhammadiyah Tangerang pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sikap toleransi budaya mahasiswa melalui sikap menghargai dan menghormati budaya orang lain, tidak bersikap merendahkan atau meninggikan satu suku daripada suku yang lain, menganggap semua suku adalah saling bersaudara, tidak melakukan diskriminasi dan memperlakukan semua orang sama tanpa memandang suku dan budaya yang berbeda-beda. Selain itu, mahasiswa yang berasal dari luar daerah universitas Muhammadiyah Tangerang dapat belajar mengenai sejarah budaya yang ada di daerah Tangerang dan sekitarnyaDownloads
Published
2023-02-14
How to Cite
Wulan, . E. P. S. ., Saragi, N. ., Galingging, . I. ., & Ambarita, M. K. . (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5959–5963. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12348
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eka Putri Saptari Wulan , Novani Saragi, Intan Galingging, Marito Kristina Ambarita
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).