Efektivitas Penggunaan Media Flash Flipbook Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 11 Pontianak

Authors

  • Adinda Azzahra Universitas Tanjungpura
  • Astrini Eka Putri Universitas Tanjungpura
  • Andang Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Edwin Mirzachaerulsyah Universitas Tanjungpura
  • Ika Rahmatika Chalimi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran Flash Flipbook terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 11 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-experimental (one-grup pretest-posttest). Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IIS 2 pada SMA Negeri 11 Pontianak. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Adapun angket yang dimaksud terdiri dari angket pretest dan posttest. Efektivitas media pembelajaran Flash Flipbook diukur dengan menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test). Temuan awal pada hasil pretest atau sebelum menggunakan media Flash Flipbook diperoleh persentase sebesar 68,27%, artinya metode ceramah tersebut dapat kategorikan cukup digunakan. Sedangkan pada hasil posttest atau setelah menggunakan media Flash Flipbooks diperoleh persentase sebesar 79%, artinya media tersebut dikategorikan baik untuk digunakan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Flash Flipbook efektif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 11 Pontianak. Keywords: Flash Flipbook, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Azzahra, A., Putri, A. E., Firmansyah, A. ., Mirzachaerulsyah, E., & Chalimi, I. R. . (2023). Efektivitas Penggunaan Media Flash Flipbook Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5975–5982. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12327