Pengaruh Model Inkuiri Berbantu Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12268Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui, Apakah model pembelajaran inkuiri berbantu video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 4 Kuripan Purwodadi Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Designs dengan menggunakan desain One Shot Case Study. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas III SD Negeri 4 Kuripan yang berjumlah 30 Peserta didik terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas dan Uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil rata-rata pretest mendapatkan nilai minumum 50 dan maksimum 66 dan hasil rata-rata posttest mendapatkan nilai minimum 75 dan nilai maksimum 89. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang dilakukan bahwa thitung = 2,1925 lebih besar dari Ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,0057. Jika dibandingkan maka 2,1925 > 2,0057 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Nol (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Maka dapat dinyatakan dalam penelitian ini “Adanya Pengaruh Model Inkuiri Berbantu Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 4 Kuripan Tahun Pelajaran 2021/2022”.Downloads
Published
2023-02-13
How to Cite
Wahyuningsih, S. ., Sri Suryanti, H. H. ., & Restuningsih, A. . (2023). Pengaruh Model Inkuiri Berbantu Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12268
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuningsih, Hera Heru Sri Suryanti, Ani Restuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).