Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa

Authors

  • Samsaifil Samsaifil Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nirmala Sari Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.12263

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik role-playing dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMA Negeri 2 Wangi-wangi  Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental dengan bentuk design One-Group Pretest-Postest Design. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukan angka probabilitas Asymp.Sig. (2-tailed) komunikasi interpersonal siswa sebesar 0,005 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,005 < 0,05) dari hasil tersebut H0 diterima H1 ditolak. Hal tersebut menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui role-play efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMA Negeri 2 Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggar

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Samsaifil, S., & Sari, N. . (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8641–8648. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.12263