Implementasi Konsep Kebijakan Smart City Terhadap Efektivitas Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12223Abstract
Pelayanan Publik menjadi aktivitas masyarakat Negara untuk memnuhi adminstrasi atau kelengkapan biodata yang patuh pada peraturan negara. Selama ini masyarakat selalu mengeluh karena tuntutan perkembangan zaman dan lambatnya proses adaministrasi yang di senggelarakan oleh pemerintah atau dinas terkait. Solusinya adalah pemerintah membuat rancangan dengan menggabungkan transformasi digital dan percepatan pelayanan yaitu Mall Pelayanan Publik. Mall Pelayanan Publik beroperasi mulai tahun 2017 dan kini masih beroperasi sehingga diperlukan fasilitas atau sarana dan prasarana yang mendukung diikuti perkembangan zaman yaitu digital forces (perubahan digital) . Bagi masyarakat perkembangan digital itu yang terlalu lama akan menjadi budaya sehingga membuat masyarakat terbukan dengan teknologi bagi setiap kalangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeyahui gambaran secara umum dan menganalisis sebagai masukan kepada pemangku kebijakan yaitu pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan publik yaitu konsep kota pintar (smart city) dan pengaruhnya terhadap Efektivitas Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif yaitu menganalisis penelitian dengan cara sistematis melalui wawancara,observasi dan studi kepustakaan. Konsep Mall Pelayanan Publik hadir berkolaborasi dengan Konsep Proyek Smart City (Kota Pintar) yang akan dirancangakan ke depannya khususnya bagi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebagai pemegang otonomi daerah terpenting di Indonesia kini Kepala Dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya akan berusaha menciptakan yang terbaik ke depannya baik secara teori atau praktik proyek pembangunan ini dirasakan sangat penting untuk menghadapi tantangan zaman.Downloads
Published
2023-02-10
How to Cite
Hutajulu, O. T. ., Argenti, G. ., & Rizki, M. F. . (2023). Implementasi Konsep Kebijakan Smart City Terhadap Efektivitas Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5869–5879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12223
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Obed Timothy Hutajulu, Gili Argenti, Mochamad Faizal Rizki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).