Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua di Rumah Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Pada Siswa Kelas V di SD Gugus 1 Nakula Kecamatan Negara Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12146Abstract
Pendidikan yang paling mendasar dan utama yang didapatkan oleh anak untuk pertama kalinya dalam pembentukan kepribadian anak yaitu ada pada lingkungan keluarga. Seorang anak menganggap keluarga khususnya orang tua yang akan menjadi teladan dan role model sebab pengalaman pertamanya yaitu dari lingkungan keluarga. Pembentukan kepribadian anak yang diberikan kepada anak tidak dapat dilakukan dengan cara menghafal namun melalui penerapan pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua di rumah terhadap pembentukan kepribadian anak pada siswa kelas V di SD Gugus 1 Nakula Kecamatan Negara Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok siswa kelas V di SD Gugus 1 Nakula Kecamatan Negara yang berjumlah 240 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan tabel dari Krejcie dan Morgan dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 148 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode non tes berupa kuesioner (angket). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung = 5,738 > ttabel = 1,976 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat hubungan yang signifikan pola asuh demokratis orang tua di rumah terhadap pembentukan kepribadian anak pada siswa kelas V di SD Gugus 1 Nakula Kecamatan Negara Tahun Ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-02-07
How to Cite
Salsabilla, S. N. ., Ayu Wulandari, I. G. A. ., & Semara Putra, D. . (2023). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua di Rumah Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Pada Siswa Kelas V di SD Gugus 1 Nakula Kecamatan Negara Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5807–5813. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12146
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syabrina Nada Salsabilla, I Gusti Agung Ayu Wulandari, D.B.Kt.Ngr. Semara Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).