Intervention Of Student Listening Skills Through The Application Of The Suggestopedia Method In The Teaching Of Islamic Religious Education
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12145Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dan pengaruh penerapan metode sugestopedia terhadap kemampuan menyimak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI NKPI, TKJ, dan APAT SMK Negeri 1 Konawe Selatan yang terletak di Desa Amondo Selatan. Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Provinsi Sulawesi Tenggara. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah metode sugestopedia sangat berpengaruh terhadap gelombang otak Alpha dan Betha untuk menghilangkan rasa takut dan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran, metode ini juga dapat meningkatkan kemampuan menyimak materi yang disampaikan dan memberikan daya ingat yang baik . khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui proses wawancara dilakukan dengan Amir Syukur sebagai kepala sekolah sebagai narasumber utama, Ibu Siti Jibaigun sebagai wali kelas XI NKPI, Ibu Siska Fitriana BK sebagai wali kelas kelas XI TKJ dan juga Ibu Hasriani sebagai wali kelas kelas XI AP. Selain itu juga dilakukan observasi dan observasi terhadap kebiasaan-kebiasaan dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan kemudian penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).Downloads
Published
2023-02-07
How to Cite
Fauzi, A. A. ., Lessy, Z. ., & Sulhan, M. (2023). Intervention Of Student Listening Skills Through The Application Of The Suggestopedia Method In The Teaching Of Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5798–5806. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12145
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Achmad Anshori Fauzi, Zulkipli Lessy, M.Sulhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).