Intervention Of Student Listening Skills Through The Application Of The Suggestopedia Method In The Teaching Of Islamic Religious Education

Authors

  • Achmad Anshori Fauzi UIN Sunan Kaljiaga
  • Zulkipli Lessy UIN Sunan Kaljiaga
  • M. Sulhan UIN Sunan Kaljiaga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dan pengaruh penerapan metode sugestopedia terhadap kemampuan menyimak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI NKPI, TKJ, dan APAT SMK Negeri 1 Konawe Selatan yang terletak di Desa Amondo Selatan. Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan. Provinsi Sulawesi Tenggara. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah metode sugestopedia sangat berpengaruh terhadap gelombang otak Alpha dan Betha untuk menghilangkan rasa takut dan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran, metode ini juga dapat meningkatkan kemampuan menyimak materi yang disampaikan dan memberikan daya ingat yang baik . khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui proses wawancara dilakukan dengan Amir Syukur sebagai kepala sekolah sebagai narasumber utama, Ibu Siti Jibaigun sebagai wali kelas XI NKPI, Ibu Siska Fitriana BK sebagai wali kelas kelas XI TKJ dan juga Ibu Hasriani sebagai wali kelas kelas XI AP. Selain itu juga dilakukan observasi dan observasi terhadap kebiasaan-kebiasaan dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan kemudian penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Fauzi, A. A. ., Lessy, Z. ., & Sulhan, M. (2023). Intervention Of Student Listening Skills Through The Application Of The Suggestopedia Method In The Teaching Of Islamic Religious Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5798–5806. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12145