Implementasi Metode Tazkiyatun Nafs Imam Al-Ghazali Perspektif Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 1 Kota Bengkulu

Authors

  • Intan Fithriyyah UINFAS Bengkulu
  • Hery Noer Aly UINFAS Bengkulu
  • Nurhidayat Nurhidayat UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12075

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep metode Tazkiyatun Nafs Imam Al-Ghazali dalam perspektif pendidikan Islam, dalam mengembangkan potensi kecerdasan spiritual siswa MAN 1 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian ini mencakup rangkaian kegiatan utama dengan tahapan yang terdiri dari: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. implementasi penerapan metode Tazkiyatun Nafs dalam mengembangkan kecerdasan siswa di MAN 1 Kota Bengkulu dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang terbagi dalam  tiga tahap: a. Pada tahap Takhalliyat al-nafs ini, sekolah melarang keras pada siswamembawa segala sesuatu yang dapat melupakan dan melalaikan waktu untuk beribadah kepada Allah.Siswa juga ditekankan untuk menghilangkan sifat-sifat tercela seperti berdusta, sombong, bakhil, iri dengki dan lainya, b. Pada tahap Tahalliyat al-nafs ini, sekolah menekankan pada siswa bersikap dengan sifat-sifat terpuji dalam kehidupan sehari-harinya dan memanfaatkan waktu untuk beribadah kepada Allah. Siswajuga ditekankan untuk mengisi jiwanya dengan sifat-sifat terpuji seperti ikhlas, syukur, sabar, khanaah, dzikrullah dan lainya, dan  c.  Pada tahap Tajalliyat al-nafs ini, sekolah telah mengadakan kegiatan keagamaan yang juga menunjang kepada kecerdasan spiritual siswa di MAN 1 kota Bengkulu dengan mengacu kepada visi misi kepala sekolah yang mencanangkan ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap alumni MAN 1 Kota Bengkulu, yaitu pertama, mampu membaca Al-Quran dengan fasih, yang kedua mampu khutbah dan ceramah, yang ketiga, mampu doa dan zikir dan yang keempat mampu melakukan penyelenggaraan jenazah. 2. hasil dari Tazkiyatun Nafs dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa MAN 1 Kota Bengkulu dapat peneliti simpulkan bahwa metode Tazkiyatun Nafs sangat membantu dalam mendorong siswauntuk membiasakan diri  bersikap dengan akhlak terpuji dan tidak lalai beribadah kepada Allah, terlihat dari kemampuan yang dimiliki oleh para lulusan MAN 1 Kota Bengkulu yang dituntut untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih, mampu khutbah dan ceramah, mampu berdo’a dan berzikir, serta mampu mengurus jenazah.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Fithriyyah, I. ., Aly, H. N. ., & Nurhidayat, N. (2023). Implementasi Metode Tazkiyatun Nafs Imam Al-Ghazali Perspektif Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 1 Kota Bengkulu . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5726–5735. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12075