Pengembangan Olahraga ‘Panco Air’ Sebagai Model Edukatif untuk Meningkatkan Kegiatan Jasmani Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Syahri Alhusin Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Laksono Sumarto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mrih Rahayu Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12019

Abstract

Pendidikan jasmani dan  olahraga ialah bagian yang integral berasal sistem pendidikan yang bersifat menyeluruh. Mata pelajaran ini merupakan bagian penting buat mempertinggi kegiatan jasmani siswa di sekolah. Namun, pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah tidak cukup mampu memberikan efek kebugaran bagi peserta didik. Oleh sebab itu, diharapkan olahraga yang menarik serta mampu menaikkan aktivitas jasmani peserta didik di sekolah, salah satunya olahraga Panco Air. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memakai perpaduan antara beberapa metode penelitian, yakni metode penelitian deskriptif, eksperimen, dan sejarah (pengalaman di masa kecil). Penelitian dilakukan di tahun 2021 hingga 2022. Sampel penelitian ini ialah siswa Sekolah Dasar yang tinggal di Pondok Yayasan Amal Bakti Sujono Taruno, Baki, Sukoharjo. Proses pengembangan olahraga ini juga melibatkan dosen dan  mahasiswa jurusan FKIP POK UTP. Olahraga Panco Air ialah suatu olahraga yang diangkat dari permainan rakyat. Pembuatan alat Tumpuan olahraga ini membutuhkan proses yang relatif panjang serta kerja sama dengan berbagai pihak. Sementara itu, Pembuatan aturan Permainan bisa dilakukan dengan baik sesudah melakukan uji coba latihan pancoair bersama mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga Panco Air sangat efektif dalam menaikkan kegiatan jasmani, khususnya siswa SD.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Alhusin, S. ., Sumarto, L. ., & Rahayu, M. . (2023). Pengembangan Olahraga ‘Panco Air’ Sebagai Model Edukatif untuk Meningkatkan Kegiatan Jasmani Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5706–5712. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12019