Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Pada Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12010Abstract
Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah tentu tidak lepas dari faktor guru dan siswa itu sendiri selain faktor-faktor yang lain karena adanya Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian sequential explanatory dimana pengumpulan data dilakukan dengan analisis data kuantitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan dan analisis data secara kualitatif. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 68,74 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,46, sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model blended learning menggunakan google classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu presentase peningkatan kelulusan pada kelas eksperimen jauh lebih tinggi yakni sebesar 81% dibandingkan dengan kelas control yang memiliki besar peningkatan kelulusan sebesar 15,8%. Berdasarkan uji Two way Anova Secara individual pada baris model dan pendidikan menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 dan 0,013 yang mana kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara individual baik model maupun tingkat pendidikan orang tua masing-masing mempengaruhi hasil belajar siswa. Sedangkan pengaruh secara simultan ditunjukkan oleh baris corrected model dimana baris tersebut menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa model pembelajaran dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-01-31
How to Cite
Nurhayati, R. ., Wardono, W., & Kustiono, K. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Pada Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5672–5685. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12010
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ri'ah Nurhayati, Wardono, Kustiono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).