Muatan Kurikulum Ilmu Keislaman

Authors

  • Imam Rijal UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hery Noer Aly UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11963

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistempendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. DalamIslam, konsep kurikulum bermakna manhaj yaitu jalan terang yang dilalui oleh pendidik dan anakdidiknya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.Kurikulumpendidikan Islam adalah bahan-bahan pendidikan Islam berupa kegiatan, pengetahuan danpengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada anak didik dalam rangkamencapai tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan literature research atau penelitian kepustakaan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan studi pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menggunakan data-data yang berkaitan dengan hakikat dan tujuan Pendidikan dari jurnal, internet dan sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian ini berupa: Kurikulum sebagai rancangan pendidikan, mempunyai kedudukan sentral, menentukan kegiatan dan hasil pendidikan. Penyusunannya memerlukan fondasi yangkuat, didasarkan atas hasil pemikiran danpenelitian yang mendalam. Kurikulum yanglemah akan menghasilkan manusia yang lemahpula. Kurikulum pendidikan Islam adalahbahan-bahan pendidikan Islam berupakegiatan, pengetahuan dan pengalaman yangdengan sengaja dan sistematis diberikankepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam. Kurikulumpendidikan Islam meliputi tiga masalah yangsangat penting yaitu: masalah keimanan(aqidah), masalah keislaman (syari’ah), danmasalah ihsan (akhlak).

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Rijal, I. ., & Noer Aly, H. . (2023). Muatan Kurikulum Ilmu Keislaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5587–5593. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11963