Muatan Kurikulum Ilmu Keislaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11963Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistempendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan. DalamIslam, konsep kurikulum bermakna manhaj yaitu jalan terang yang dilalui oleh pendidik dan anakdidiknya untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.Kurikulumpendidikan Islam adalah bahan-bahan pendidikan Islam berupa kegiatan, pengetahuan danpengalaman yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada anak didik dalam rangkamencapai tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan literature research atau penelitian kepustakaan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan studi pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menggunakan data-data yang berkaitan dengan hakikat dan tujuan Pendidikan dari jurnal, internet dan sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian ini berupa: Kurikulum sebagai rancangan pendidikan, mempunyai kedudukan sentral, menentukan kegiatan dan hasil pendidikan. Penyusunannya memerlukan fondasi yangkuat, didasarkan atas hasil pemikiran danpenelitian yang mendalam. Kurikulum yanglemah akan menghasilkan manusia yang lemahpula. Kurikulum pendidikan Islam adalahbahan-bahan pendidikan Islam berupakegiatan, pengetahuan dan pengalaman yangdengan sengaja dan sistematis diberikankepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam. Kurikulumpendidikan Islam meliputi tiga masalah yangsangat penting yaitu: masalah keimanan(aqidah), masalah keislaman (syari’ah), danmasalah ihsan (akhlak).Downloads
Published
2023-01-29
How to Cite
Rijal, I. ., & Noer Aly, H. . (2023). Muatan Kurikulum Ilmu Keislaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5587–5593. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11963
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Imam Rijal, Hery Noer Aly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









