Pengaruh Percaya Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Guru di TK Aba Pekanbaru

Authors

  • Rahmah Rahmah STKIP Asiyiyah Riau
  • Herwina Herwina STKIP Asiyiyah Riau
  • Dwi Syintya STKIP Asiyiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11959

Abstract

Penelitian menentukan dampak tingkat kepercayaan diri terhadap interaksi interpersonal guru, dan penelitian merupakan kegiatan pengambilan, pencatatan, analisis, dan pelaporan hasil. Penelitian merupakan upaya untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah yang ada. Kepercayaan diri memiliki hubungan yang signifikan dengan komunikasi interpersonal guru, jika tingkat kepercayaan diri tinggi, maka guru akan lebih mudah untuk berkomunikasi satu sama lain di dalam dan di luar sekolah. Kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi interpersonal, yang terlihat dari kepercayaan diri keseluruhan t tabel 2,028 pada taraf signifikan a5% (a0,05). Artinya semakin baik kepercayaan diri guru maka semakin baik pula interaksi interpersonal di lingkungan sekolah. Kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap komunikasi interpersonal guru. Diantaranya diperoleh nilai thitung tabel (2,028) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam peningkatan mutu pendidikan, kemampuan integrasi guru sangat penting. Keterampilan interaktif guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memudahkan guru berinteraksi dengan siswa. Dengan kepercayaan diri guru dapat memudahkan guru dalam berkomunikasi dengan siswa, rekan kerja dan orang lain.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Rahmah, R., Herwina, H., & Syintya, D. . (2023). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Guru di TK Aba Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5565–5571. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11959