Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11948Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola dengan penerapan model pembelajaran demonstrasi pada siswa. Metode penetian yang digunakan adalah (PTK). Penelitian Tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar yang berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam suatu kelas bersama. Peneliti menggunakan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 yang akan dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data siklus I hasil 34 siswa yang tidak tuntas dengan nilai terkecil 32 dari 36 jumlah siswa. Pada siklus II hasil 32 siswa yang tuntas dengan nilai terbesar 100 dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan nilai terkecil 61,75 dari 36 jumlah siswa. Berdasarkan perolehan data tersebut, hasil belajar permainan sepak bola dengan menngunakan metode demonstrasi telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 65 mata pelajaran penjas di kelas X IPA.Downloads
Published
2023-01-30
How to Cite
Wahyudi, M. ., Akhbar, M. T. ., & Daryono, D. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5613–5620. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11948
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Wahyudi, M. Taheri Akhbar, Daryono Daryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).