Peranan Komunikasi Internal Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Dunia Pendidikan Perguruan Tinggi X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11893Abstract
Membentuk komunikasi internal yang efektif, sangat dibutuhkan partisipasi dari bawahan kepada atasan untuk menyampaikan ide, kendala, dan pendapat. Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini ingin mengangkat masalah tentang proses, peranan dan strategi penerapan komunikasi internal dalam peningkatan kinerja pegawai di di Perguruan Tinggi X. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey terhad 22 orang dosen dan 6 tenaga kependidikan. Hasil penelitian adalah proses komunikasi internal di Perguruan Tinggi X adalah antara pimpinan dengan dosen memiliki kategori baik, yaitu sebesar 62 %. Sementara untuk tenaga kependidikan, komunikasi internal mendapatkan kategori baik dengan nilai 38%. Sementara kinerja pegawai di Perguruan Tinggi X menghasilkan nilai dengankategori baik sebesar 70,4% dan untuk kategori kurang sebesar 29,4 %.Strategi yang dipergunakan untuk menerapkan komunikasi internal agar dapat meningkatkan kinerja pegawai di Perguruan Tinggi X kategori baik sebesar 70,4% dan untuk kategori kurang sebesar 29,4 %. Sebagai saran bahwa Perguruan Tinggi Xharus memiliki strategi komunikasi internal yang dapat meningkatkan kinerja pegawai.Downloads
Published
2023-01-25
How to Cite
Muchtarom, M. ., Hanurawaty, N. Y. ., Septiati, Y. A. ., & Rahayu, I. G. . (2023). Peranan Komunikasi Internal Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Dunia Pendidikan Perguruan Tinggi X. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5402–5410. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11893
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Muchtarom, Neneng Yety Hanurawaty, Yosephina Ardiani Septiati, Ira Gustira Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).