Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11858Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita dengan media loose parts terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental nonrandomized pretest-posttest control group design atau bisa juga disebut non-equivalent control group design. Uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Teknik analisis data menggunakan One Group Pretest Posttest Design dengan subjek penelitian 33 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita dengan media loose part terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini yang ditunjukkan dengan hasil independent sample t-test perkembangan bahasa diperoleh t-hitung sebesar 3,359 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 sehingga t-hitung lebih banyak dari t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan bahasa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji independent sample t-test perkembangan emosi bahwa t-hitung adalah 2,959 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 jadi t-hitung lebih banyak dari t-tabel sehingga ada perbedaan perkembangan emosi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media loose part dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan emosi anak Kelompok B di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.Downloads
Published
2023-01-24
How to Cite
Karomah, S. ., Masitoh, S. ., & Setyowati, S. . (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5328–5342. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11858
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Karomah, Siti Masitoh, Sri Setyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).