Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Siti Karomah Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita dengan media loose parts terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental nonrandomized pretest-posttest control group design atau bisa juga disebut non-equivalent control group design. Uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Teknik analisis data menggunakan One Group Pretest Posttest Design dengan subjek penelitian 33 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita dengan media loose part terhadap perkembangan bahasa dan emosi anak usia dini yang ditunjukkan dengan hasil independent sample t-test perkembangan bahasa diperoleh t-hitung sebesar 3,359 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 sehingga t-hitung lebih banyak dari t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan bahasa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sedangkan hasil uji independent sample t-test perkembangan emosi bahwa t-hitung adalah 2,959 sedangkan t-tabel yang diperoleh dari 33 responden adalah 1,694 jadi t-hitung lebih banyak dari t-tabel sehingga ada perbedaan perkembangan emosi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media loose part dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan emosi anak Kelompok B di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Karomah, S. ., Masitoh, S. ., & Setyowati, S. . (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Loose Parts Terhadap Perkembangan Bahasa dan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5328–5342. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11858