Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11852Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlatihnya kemampuan penalaran peserta didik dalam menemukan konsep IPA. Salah satu penyebabnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan kurang dapat mengoptimalkan kemampuan penalaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model Project-Based Learning (PjBL). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Research dengan desain Pretest Posttest Equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini kelas VI di SDN 21 Batang Anai Padang Pariaman dan sampelnya kelas VIA dan VIB yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran. Menggunakan Uji Normalitas Skor Pretes, dan N-gain Kemampuan Penalaran diperoleh diperoleh nilai sig.(1-tailed) < 0,05 artinya Ho ditolak. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan penalaran yang mendapat pembelajaran berbasis model Project-based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Besarnya kenaikan rataan untuk kelas eksperimen dari pretes ke postest sebesar 22,2%, sedangkan kenaikan rataan untuk kelas kontrol 15,8% dari skor ideal. Data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan kemampuan penalaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Selain itu, jika dilihat dari peningkatannya, N-gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, walaupun keduanya diinterpretasikan dalam kategori sedang.Downloads
Published
2023-01-24
How to Cite
Stavinibelia, S. (2023). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5362–5367. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11852
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Stavinibelia Stavinibelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).