Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Intensif Bahasa Arab Tahun Pertama Pandemi

Authors

  • Siska Nurcahyani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Savinatul ‘Ulumiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Robchatul Izzah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Yaisy Syari’ul Mufasho Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11851

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dilakukan pada kelas intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel di tahun pertama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi dan wawancara kepada dosen pembimbing dan mahasiswa intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel. Hasil penelitian ini yaitu diawal masa pandemi kegiatan  intensif bahasa Arab dilakukan secara daring dengan media online Zoom meeting ataupun Google meet dan didampingi media Google classroom dan WhatsApp group. Dalam kegiatan ini menerpkan strategi 1) kegiatan pendahuluan diawali dengan salam, doa, dan tanya kabar hingga mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya. 2) penyampaian informasi, dilakukan dengan penjelasan secara langsung, memperdengarkan audio, video, hingga Power point. 3) partisipasi peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran dan berdiskusi. 4) evaluasi dilakukan dengan pemberian soal. 5) Kegiatan Lanjutan (follow up) tahap follow up ini telah disediakan aplikasi atau web khusus untuk para mahasiswa agar bisa melakukan evaluasi lanjutan dari materi yang telah disampaikan masing-masing dosen secara daring tersebut.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Nurcahyani, S. ., ‘Ulumiyah, S. ., Izzah, R. ., & Mufasho, A. Y. S. . (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Intensif Bahasa Arab Tahun Pertama Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5347–5354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11851