Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Intensif Bahasa Arab Tahun Pertama Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11851Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dilakukan pada kelas intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel di tahun pertama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi dan wawancara kepada dosen pembimbing dan mahasiswa intensif bahasa Arab UIN Sunan Ampel. Hasil penelitian ini yaitu diawal masa pandemi kegiatan intensif bahasa Arab dilakukan secara daring dengan media online Zoom meeting ataupun Google meet dan didampingi media Google classroom dan WhatsApp group. Dalam kegiatan ini menerpkan strategi 1) kegiatan pendahuluan diawali dengan salam, doa, dan tanya kabar hingga mereview materi yang telah dipelajari sebelumnya. 2) penyampaian informasi, dilakukan dengan penjelasan secara langsung, memperdengarkan audio, video, hingga Power point. 3) partisipasi peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran dan berdiskusi. 4) evaluasi dilakukan dengan pemberian soal. 5) Kegiatan Lanjutan (follow up) tahap follow up ini telah disediakan aplikasi atau web khusus untuk para mahasiswa agar bisa melakukan evaluasi lanjutan dari materi yang telah disampaikan masing-masing dosen secara daring tersebut.Downloads
Published
2023-01-24
How to Cite
Nurcahyani, S. ., ‘Ulumiyah, S. ., Izzah, R. ., & Mufasho, A. Y. S. . (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Intensif Bahasa Arab Tahun Pertama Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5347–5354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11851
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siska Nurcahyani, Savinatul ‘Ulumiyah, Robchatul Izzah, Ahmad Yaisy Syari’ul Mufasho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









