Analisis Penyertaan Sistematika Penyelesaian dan Contoh Soal dalam Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan CPMK

Authors

  • I Gusti Ngurah Eka Partama Universitas Ngurah Rai
  • Gede Sumarda Universitas Ngurah Rai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11832

Abstract

Prodi Teknik Sipil Universitas Ngurah Rai (UNR) mengimplementasikan kurikulum inti tersebut dengan memasukkan Mekanika Bahan sebagai bagian dari kurikulum Tahun 2020. Salah satu Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMPK) Mekanika Bahan yaitu mahasiswa diharapkan mampu menentukan besaran inti (kern) elemen struktur bangunan. Pemenuhan CMPK ditargetkan tercapai minimal 90% peserta kuliah mampu menentukan besaran inti (kern) elemen struktur bangunan, namun tindakan kelas Siklus I dengan perlakuan mencantumkan permintaan substansi jawaban secara rinci dan sistematis yang menggambarkan penyelesaian soal secara utuh hanya dapat meningkatkan CMPK dari 60% menjadi 84%. Untuk maksud mencapai pemenuhan CPMK minimal 90%, dilaksanakan tindakan kelas Siklus II  d dengan memberi perlakukan Siklus I ditambah pemberian contoh soal yang relevan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Metode Asesmen Alternatif untuk menilai aspek kognitif, psikomotor (keterampilan) dan afektif (sikap). Hasil tindakan kelas dengan perlakuan pemberian tugas terstruktur mencantumkan permintaan substansi jawaban secara rinci dan sistematis yang menggambarkan penyelesaian soal secara  utuh ditambah pemberian contoh soal yang relevan dapat meningkatkan pemenuhan CMPK Mekanika Bahan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Ngurah Rai mencapai 92%. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mata kuliah lain dalam mencapai target pemenuhan CMPK.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Partama, I. G. N. E. ., & Sumarda, G. . (2023). Analisis Penyertaan Sistematika Penyelesaian dan Contoh Soal dalam Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan CPMK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5240–5248. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11832