Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Murid Kelas V SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Authors

  • Nur Khofifah S Mamente Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Riskayanti Riskayanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11787

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SDN 32 Tumampua VI kelas V tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah 11 siswa kelas V yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64 dengan persentase 54% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 77 dengan persentase 82%, dengan skor tertinggi 90 pada siklus 1 dan skor tertinggi 100 pada siklus 1. siklus 2 sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat menumbuhkan motivasi, meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk aktif di kelas dan meningkatkan kehadiran siswa.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Mamente, N. K. S. ., & Riskayanti, R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Murid Kelas V SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4974–4980. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11787