Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Murid Kelas V SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11787Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SDN 32 Tumampua VI kelas V tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah 11 siswa kelas V yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64 dengan persentase 54% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 77 dengan persentase 82%, dengan skor tertinggi 90 pada siklus 1 dan skor tertinggi 100 pada siklus 1. siklus 2 sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat menumbuhkan motivasi, meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk aktif di kelas dan meningkatkan kehadiran siswa.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Mamente, N. K. S. ., & Riskayanti, R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Murid Kelas V SDN 32 Tumampua VI Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4974–4980. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11787
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Khofifah S Mamente, Riskayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).