Mengusut Aspek Regulasi Perilaku Dalam Self Regulation Learning Untuk Mengurangi Academic Burnout Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11761Abstract
Memperkuat aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning membuat mahasiswa mampu belajar mandiri dengan baik dan terhindar dari sindrom burnout . Academic burnout yang dialami mahasiswa dapat berdampak pada proses serta hasil pembelajaran dan lebih jauh lagi pada prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aspek regulasi perilaku yang merupakan bagian dari self regulation learning dengan academic burnout pada mahasiswa aktif di Kota Bima. Jenis riset ini adalah korelasional. Populasi dalam riset ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang menjalani studinya pada perguruan tinggi di wilayah Kota Bima. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek regulasi perilaku memiliki hubungan dengan arah negatif signifikan terhadap academic burnout yang artinya semakin tinggi aspek regulasi perilaku mahasiswa dalam aktivitas belajarnya maka akan semakin rendah academic burnout yang dimilikinya. Aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning memberikan pengaruh dalam mengurangi academic burnout sebesar 40,7%.Downloads
Published
2023-01-19
How to Cite
Aprianti, K. ., & Mashun, M. (2023). Mengusut Aspek Regulasi Perilaku Dalam Self Regulation Learning Untuk Mengurangi Academic Burnout Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4873–4880. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11761
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kartin Aprianti, Mashun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).