Mengusut Aspek Regulasi Perilaku Dalam Self Regulation Learning Untuk Mengurangi Academic Burnout Mahasiswa

Authors

  • Kartin Aprianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Mashun Mashun STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11761

Abstract

Memperkuat aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning membuat mahasiswa mampu belajar mandiri dengan baik dan terhindar dari sindrom burnout . Academic burnout yang dialami mahasiswa dapat berdampak pada proses serta hasil pembelajaran dan lebih jauh lagi pada prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aspek regulasi perilaku yang merupakan bagian dari self regulation learning dengan academic burnout pada mahasiswa aktif di Kota Bima. Jenis riset ini adalah korelasional. Populasi dalam riset ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang menjalani studinya pada perguruan tinggi di wilayah Kota Bima. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek regulasi perilaku memiliki hubungan dengan arah negatif signifikan terhadap academic burnout yang artinya semakin tinggi aspek regulasi perilaku mahasiswa dalam aktivitas belajarnya maka akan semakin rendah academic burnout yang dimilikinya. Aspek regulasi perilaku dalam self regulation learning memberikan pengaruh dalam mengurangi academic burnout sebesar 40,7%.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Aprianti, K. ., & Mashun, M. (2023). Mengusut Aspek Regulasi Perilaku Dalam Self Regulation Learning Untuk Mengurangi Academic Burnout Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4873–4880. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11761