Implementasi Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan

Authors

  • K . Mohd. Ilham Muttaqin UIN Raden Intan Lampung
  • Zulhannan Zulhannan UIN Raden Intan Lampung
  • Umi Hijriyah UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11752

Abstract

Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia tentunya juga memiliki tujuan sebagaimana tersebut di atas. Lebih dari itu, pondok pesantren yang berciri khas keislaman memiliki tanggung jawab lebih besar untuk melahirkan santri yang cerdas keagamaannya, juga dalam kedisiplinannya. Tujuan pendidikan di pondok pesantren adalah menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim, yaitu kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia,disiplin dalam kehidupan, mandiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama atau menegakkan agama Islam dan kejayaan umat Islam di tengah-tengah masyarakat ('izzatu al-Islâm wa al-muslimîn), dan mencintai ilmu dalam rangka mengembangkan kepribadian Indonesia. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptip kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam dan menjabarkannya, suatu data yang mengandung makna data tentang Implementasi kedisiplinan santri di pondok pesanten AL-Ishlah sukadamai natar lampung selatan. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Oleh karena itu dalam penelitian kualitatif tidak menekankan generalisasi, tetapi lebih menekankan pada makna. Yang menjadi instrumennya adalah peneliti itu sendiri. Bentuk sikap disiplin di pondok pesantren Al Ishlah yaitu dengan adanya kegiatan yang tersusun secara sistematis terencana dan terarah, selain itu dengan adanya tata tertib pesantren yang dapat mengontrol tingkah laku santri serta mengontrol kegiatan-kegiatan santri, Dan adanya takzir supaya santri dapat berfikir apa dampak yang akan didapat jika melanggar peraturan, juga adanya hadiah berupa pengahrgaan- penghargaan yang diberikan kepada mereka yang mampu berdisiplin tinggi dan mampu berprestasi. Pola pembudayaan kedisiplinan santri Al Ishlah yaitu dengan dilaksanakannya kegiatan sehari-hari santri dipesantren, dengan semua kegiatan yang sudah terjadwal, dan dengan sikap tepat waktu dalam melaksanakan setiap kegiatan, dan dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus maka kedisiplinan akan tumbuh dengan sendirinya. Adapun Faktor-fakor yang mempengaruhi Kedisplinan santri di Ponpes Al Islah ini adalah seperti insting/naluri, kebiasaan, pendidikan dan lingkungan terbukti mendukung implementasi kedisiplinan pada santri.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Muttaqin, K. . M. I. ., Zulhannan, Z., & Hijriyah, U. . (2023). Implementasi Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4815–4819. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11752