Digitalisasi dalam Kegiatan Katekese oleh Para Katekis pada Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong, Ambon

Authors

  • Andreas Sainyakit Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katolik St. Yohanes Penginjil Ambon
  • Willem Batlayeri Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katolik St. Yohanes Penginjil Ambon
  • Cayetanus Andreas Masriat Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Katolik St. Yohanes Penginjil Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11722

Abstract

Katekese adalah sebuah kegiatan pengajaran iman dalam gereja katolik. Katekis adalah tenaga atau para petugas yang melaksanakan kegiatan katekese. Saat ini digitalisasi sudah berkembang dan masuk dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang katekese. Katekese yang memanfaatkan saran digital disebut katekese digital. Tulisan ini hendak menelusuri bagaimana para katekis di Paroki Santo Yohanes Maria Vianney memanfaatkan sarana digital dalam kegiatan katekesenya. Dengan menggunakan metode wawancara, FGD (Focus Group Discussion), observasi, ditemukan bahwa para katekis di Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong Ambon, telah mengupayakan kegiatan katekese dengan memanfaatkan berbagai sarana digital, seperti aplikasi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan beberapa sarana digital lainnya.  Namun, terdapat beberapa keterbatasan tertentu, misalnya para katekis cenderung masih memanfaatkan sarana digital hanya sebatas untuk mengakses informasi, tidak untuk menciptakan sebuah konten kreatif yang baru; para partisipan dalam kegiatan katekese lebih banyak menggunakan sarana digital untuk games; keterbatasan jaringan internet dan keterbatasan biaya untuk mengakses internet. Fakta-fakta ini menjadi catatan yang patut diperhatikan oleh para katekis di Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong dalam setiap kegiatan katekese yang berbasis digital atau katekese digital.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Sainyakit, A. ., Batlayeri, W. ., & Masriat, C. A. . (2023). Digitalisasi dalam Kegiatan Katekese oleh Para Katekis pada Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Halong, Ambon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4517–4630. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11722