Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Publik Di Era Digital (Studi Di Kantor Camat Ternate Utara Kota Ternate)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11695Abstract
Pelaksanaan tugas dalam konteks pemerintah daerah masih banyak menghadapi permasalahan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik secara menyeluruh. Oleh karena itu, diundangkannya Undang-Undang Pemerintahan Daerah No. 23 Tahun 2014 akan memberikan peluang yang lebih besar untuk melaksanakan prinsip desentralisasi, pemisahan kekuasaan, tugas pembantuan dan otonomi daerah, memungkinkan pemerintah daerah untuk melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan. masyarakat dengan sebaik-baiknya, tidak lagi terlalu mengandalkan pemerintah pusat (sentralisasi). Di era digital saat ini, inovasi layanan berbasis teknologi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mewujudkan layanan yang akuntabel dan transparan, yang merupakan pilar fundamental dari paradigma good governance. Komponen utama keberhasilan akuntabilitas publik adalah adanya sistem keterbukaan informasi. Transparansi informasi ini merupakan modal penting yang dapat digunakan untuk menilai kinerja pelayanan sektor publik dan menilai akuntabilitas pelaksana sektor publik atas segala keputusan dan tindakannya. Pertanyaan yang diajukan oleh penelitian ini adalah seberapa efektif penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di era digital (penelitian dilakukan di Kanwil Kota Ternate Utara). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Ternate Utara di Kota Ternate.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara. Temuan kajian efektivitas penerapan prinsip good governance pada pelayanan publik di era digital (penelitian dilakukan di Kantor Kecamatan Ternate Utara) sangat efektif dalam meningkatkan pelayanan publik. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah Kecamatan Ternate Utara belum menerapkan layanan digital untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pelayanan Kantor Camat Ternate Utara.Downloads
Published
2023-01-18
How to Cite
Robial, F. E. D. ., Tarandung, C. ., Patiro, A. ., & Wangania, T. . (2023). Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Publik Di Era Digital (Studi Di Kantor Camat Ternate Utara Kota Ternate). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4293–4302. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11695
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Frangky E. D Robial, Christian Tarandung, Avent Patiro, Tonny Wangania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).