Guru Profesional dalm Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11688Abstract
Guru ialah sosok orang yangmana begitu sangat dihormati sebab mempunyai peran utama terhadap keberhasilan sebuah sekolah. Yangmana seorang guru berperan penting dalam membantu pertumbuhan peserta didik dalam mencapai kompetensinya (kemampuan optimal). Ketika orang tua sudah mendaftarkan anaknya di sebuah Lembaga Pendidikan tertentu, pada saat itulah orang tua menaruh benih-benih harapan yang sangat besar terhadap seorang guru untuk membimbing, mendidik anaknya hingga anak tersebut mendapatkan bimbingan secara optimal. Minat, maupun bakat dan juga potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan bisa berkembang tumbuh secara baik dan optimal tanpa adanya bantuan serta bimbingan dari seorang guru yang akan membimbingnya nantinya. Makadari itu perihal ini guru harus memperhatikan seorang peserta didik dengan lebih teliti degan cara individu. Tugas seorang guru bukanlah hanya mengajar saja melainkan mendidik, mengasuh serta membimbing peserta didik dan juga mengembangkan potensi-potensi yang sudah dimilikinya dari masing-masing individu. Demikian peranan penting tugas besat dan tangung jawab bagi seorang guru, sehingga diperlukan karakter dan juga perilaku yang mampu untuk dijadikan contoh suri tauladan badi peserta didik nantinya. Guru yang professional mampu untuk menjadikan peserta didik sebagai mitra dalam suatu pembelajaran. Sebab besar harapan untuk mereka menjadi manusia yang berakhlaqul karimah, kreatif, serta inovatif dalam mencapai cita-citanya nanti.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
El-Yunusi, M. Y. M. ., Salsabilla, A. ., & Arifin, N. . (2023). Guru Profesional dalm Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4204–4212. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11688
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi, Amalia Salsabilla, Nurul Arifin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).