Multicultural-Based Character Education in An Effort to Maintain The Spirit of Unity and Oneness of Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11676Abstract
Permasalahan yang paling sering muncul dari keragaman Indonesia adalah konflik yang levelnya bukan hanya pada tataran daerah, tetapi sudah mulai mengancam integrasi bangsa. Berulang kali Indonesia dilanda konflik yang arahnya memecah belah semangat persatuan dan kesatuan masyarakatnya. Keragaman suku, ras, agama, perbedaan bahasa dan nilai-nilai hidup yang terjadi di Indonesia sering berbuntut berbagai konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter berbasis multikultur dalam upaya merawat semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diianalisis dengan mendalam untuk disajikan secara deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pendidikan karakter berbasis multikultur dalam upaya merawat semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dilakukan melalui penanaman nilai-nilai karakter dalam diri warga negara, seperti toleransi, sopan, ramah dan santun, demokratis, semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan cinta damai.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Widyatiningtyas, R. ., Werdiningsih, R. ., Annisah, A., Magdalena, M. C. ., & Khasanah, U. . (2023). Multicultural-Based Character Education in An Effort to Maintain The Spirit of Unity and Oneness of Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4139–4146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11676
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Reviandari Widyatiningtyas, Rini Werdiningsih, Annisah, Maulida Cindy Magdalena, Umul Khasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).