Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah

Authors

  • Nurul Asqia IAIN Parepare
  • Suridha Suridha IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11675

Abstract

Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi proses tumbuh kembang seorang anak. Dalam Fase ini perkembangan anak sangat pesat dan sangat membutuhkan stimulusi tepat yang dapat membentuk karakter anak ke depannya. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan stimulasi yang baik untuk anak adalah mendekatkan atau membiasakannya berinteraksi dengan kitab suci Al-Qur’an dan mengajarkan anak mulai menghafal Al-qur’an sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqy dalam meningkatkan kemapuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini serta mengetahui kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dalam menerapkan metode talaqqy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, penarikan kesimpulan dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan metode Al-Qur’an yang diterapkan di TK Iman Al Qurbah Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode talaqqy dalam menghafal Al-Qur’an untuk anak usia dini merupakan hal yang paling efektif, yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik. Selain itu, juga banyak manfaat dengan menerapkan metode tersebut, seperti adanya interaksi antara guru dengan peserta didik secara langsung, dapat melihat kesalahan-kesalahan peserta didik dalam penyebutan huruf atau makhroj dan dapat mengevaluasi tingkat pencapaian anak dalam menghafal Alquran.  

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Asqia, N. ., & Suridha, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4129–4138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11675