Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Teti Nurhalizah Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Siska Meliana Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Ujang Dedih Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11617

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menggali efektifitas kurikulum merdeka dalam meningkatkan kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan teori belajar kognitifisme. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk memberikan gambaran lapangan penerapan kurikulum merdeka dengan cara observasi, wawancara dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka efektif dalam pembelajaran dan mempermudah pendidik dan lambelajarannya, siswapun merasa nyaman dengan pembelajaran sekarang karena dapat mendorong menjadi lebih aktif dalam belajar, dari aspek kogitif siswa mayoritas dapat mengikuti pembelajaran atau setara dengan 95% siswa.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Nurhalizah, T. ., Meliana, S. ., Dedih, U. ., & Erihadiana, M. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3783–3794. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11617