Pengaruh Media Aplikasi Senam E-Learning terhadap Hasil Belajar Senam Lantai pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Ciampel
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11606Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi senam e- learning untuk meningkatkan tekniik dasar senam lantai pada siswa SMPN 1 Ciampel. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan one grup pretest and posttest design, yaitu suatu desain penelitian terdapat sebuah pretest, sebelum diberi perlakuan (treatment) dan posttest setelah diberikan perlakuan (treatment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Ciampel dan sampel yang digunakan adalah kelas IX I yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes guling depan, guling belakang, meroda dan sikap lilin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t (paired sample t-test) dengan hasil analisis data menunjukan bahwa aplikasi senam e-learning memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar senam lantait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh aplikasi senam e-learning terhadap hasil belajar senam lantai pada pembelajaran senam dilihat dari hasil pretest dengan nilai mean 53.1667, nilai standar deviasi 10.53837 dan hasil posttest dengan nilai mean 73.0278, nilai standar deviasi 11.25417. Serta dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan (0.05) dan diperoleh sig. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji t dimana 0.0000 < 0.05. Dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan senam pada pembelajaran senam lantai di SMP Negeri 1 Ciampel, kemudian dapat dilihat dari presentase perubahan nilai rata-rata posttest sebesar 73.0278 >53.1667 nilai rata- rata pretest. Hasil peningkatan yang signifikan sebesar 37% menunjukan bahwa pengaruh aplikasi senam e-learning terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa sekolah menengah pertama, menyatakan bahwa aplikasi senam e-learning adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar senam siswa dalam pembelajaran senam lantai di SMP Negeri 1 Ciampel.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Karim, A. ., Chaerul, A. ., & Kurniawan, F. . (2023). Pengaruh Media Aplikasi Senam E-Learning terhadap Hasil Belajar Senam Lantai pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Ciampel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3729–3732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11606
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Abdul Karim, Andri Chaerul, Febi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).