Pengembangan Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11605Abstract
Pembelajaran mata kuliah strategi belajar mengajar biologi adalah untuk melatih dan memperkenalkan penggunaan metode-metode dan model-model pembelajaran yang merujuk pada teori-teori belajar yang relevan dengan pendidikan biologi. Strategi tertuang ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang kemudian diturunkan pada beberapa model. Model Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan belajar mengajar kelompok kecil di mana siswa belajar dan bekerja sama untuk mencapai pengalaman belajar yang optimal baik untuk pengalaman individu maupun kelompok.. Media pembelajaran yang digunakan dosen dalam proses pembelajaran salah satunya media video. Media video mengenai model-model pembelajaran masih belum didesain secara khusus yang terkadang tidak sesuai dengan teori. Akibatnya mahasiswa kurang paham tentang langkah-langkah model pembelajaran tersebut. Untuk perlu dikembangkan media video yang didesain secara khusus pada materi model pembelajaran kooperatif berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian ini menghasilkan media video pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D dan terbatas pada tahap define yaitu analisis kebutuhan siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Kuesioner diperoleh rata-rata sebesar 88,12%. Sehingga kebutuhan mahasiswa akan media video pembelajaran baik untuk dikembangkan.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Fadilla, S. ., Susanti, D. ., & Fitriani, V. . (2023). Pengembangan Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3723–3728. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11605
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sisi Fadilla, Diana Susanti, Vivi Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).