Pengembangan Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi

Authors

  • Sisi Fadilla Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Diana Susanti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Vivi Fitriani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11605

Abstract

Pembelajaran mata kuliah strategi belajar mengajar biologi adalah untuk melatih dan memperkenalkan penggunaan metode-metode dan model-model pembelajaran yang merujuk pada teori-teori belajar yang relevan dengan pendidikan biologi. Strategi tertuang ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang kemudian diturunkan pada beberapa model. Model Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan belajar mengajar kelompok kecil di mana siswa belajar dan bekerja sama untuk mencapai pengalaman belajar yang optimal baik untuk pengalaman individu maupun kelompok.. Media pembelajaran yang digunakan dosen dalam proses pembelajaran salah satunya media video. Media video mengenai model-model pembelajaran masih belum didesain secara khusus yang terkadang tidak sesuai dengan teori. Akibatnya mahasiswa kurang paham tentang langkah-langkah model pembelajaran tersebut. Untuk perlu dikembangkan media video yang didesain secara khusus pada materi model pembelajaran kooperatif berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian ini menghasilkan media video pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4-D dan terbatas pada tahap define yaitu analisis kebutuhan siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Kuesioner diperoleh rata-rata sebesar 88,12%. Sehingga kebutuhan mahasiswa akan media video pembelajaran  baik untuk dikembangkan.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Fadilla, S. ., Susanti, D. ., & Fitriani, V. . (2023). Pengembangan Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3723–3728. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11605