Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap Kenakalan Remaja di Era Digital

Authors

  • Akhir Pardamean Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Hazrat Khairi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hera Yanti Situmorang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Nanda Arleni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Devi Permata Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11593

Abstract

Pada usia remaja merupakan masa yang banyak mengalami perubahan baik jasmani, rohani, pikiran, maka pada masa ini para remaja banyak mengalami gejolak emosi remaja dan masalah remaja pada umumnya di sebabkan adanya konflik peran sosial. Di satu pihak ia sudah ingin mandiri sebagai orang dewasa, di lain pihak ia masih harus terus mengikuti kemauan orang tua. Problematik yang timbul di kalangan remaja yang bisa di kategorikan sebagai permasalahan serius antara lain adalah masalah kenakalan remaja, mengingat remaja adalah suatu kelompok usia yang di harapkan menjadi penerus generasi di masa yang akan datang. Bimbingan konseling Islam bertujuan untuk Membantu individu mewujudkan dirinya menjadi manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan hidup didunia dan di akhirat sesuai dengan syariat Islam. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi yang mengkaji penerapan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak di era digital dan dibantu dengan riset keperpustakaan untuk lebih mengetahui keakuratan dalam mengutip pembahasan. Konseling Islam sebagai sebuah alternatif solusi menyampaikan nilai-nilai agama pada remaja yang melakukan kenakalan. Bimbingan dan konseling, mengikutsertakan konsep-konsep Islam yang bertujuan untuk membentuk berperilaku yang sesuai dengan perintah Allah SWT.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Harahap, A. P. ., Khairi, M. H. ., Situmorang, H. Y. ., Arleni, R. N. ., & Sari, D. P. . (2023). Implementasi Bimbingan Konseling Islam terhadap Kenakalan Remaja di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3634–3644. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11593