Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Nopa Wilyanita Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau
  • Susi Herlinda Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau
  • Dian Restia Wulandari Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Aisyiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11589

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan peran guru pendamping (Shadow Teacher) pada anak hiperaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menjelaskan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan mendeskripsikan apa adanya. Hasil penelitian sudah menunjukkan jika efektivitas peran teman sebaya dapat berjalan dengan baik, selain itu kriteria guru pendamping pendamping memiliki kemampuan memahami karakteristik dan keragaman ABK serta memahami cara penanganannya secara benar dan tepat. Selain itu, shadow teacher harus banyak bersabar, karena di hadapannya ada seorang anak dengan sifat dan perilaku yang berbeda dari anak normal. guru pendamping memiliki peranan yang sangat besar dalam pelaksanaan ataupun proses pembelajaran dimana perlunya koordinasi dengan guru biasa yang secara rutin masuk kelas dan menyampaikan materi pembelajaran terhadap tumbuh dan perkembangan anak untuk penanganan anak yang memiliki masalah dan kendala serta menentukan tindakan yang tepat. Secara keseluruhan anak yang memiliki ciri-ciri hiperaktif masih membutuhkan penangan secara berkesinambungan Meskipun tergolong anak berkebutuhan khusus, mereka juga berhak mendapatkan pendidikan, yang nantinya akan membantu anak-anak tersebut dalam perkembangan dan pertumbuhan akademiknya.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Wilyanita, N. ., Herlinda, S. ., & Wulandari, D. R. . (2023). Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3617–3622. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11589