Pengaruh Persepsi Testimoni, Persepsi Kualitas Layanan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Tokopedia Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Depok, Jawa barat

Authors

  • Stanty Aufia Rachmat Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11587

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung telah mengakibatkan perubahan ekonomi yang signifikan, khususnya dalam penggunaan e-commerce. Sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PPKM) di Indonesia, banyak masyarakat yang tidak bisa melakukan transaksi offline seperti biasanya. Untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dari internet, pedagang harus dapat memanfaatkannya secara efektif. c Para pedagang tersebut akhirnya beralih menggunakan e-commerce atau toko online untuk memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi testimoni, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan e-commerce Tokopedia di masa pandemi Covid-19 di Kota Depok. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan perhitungan besarnya sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Rao Purba. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pendekatan kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi testimonial, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen e-commerce Tokopedia di Depok, Jawa Barat. Hal ini membuktikan bahwa konsumen puas dengan testimonial, kualitas layanan, dan juga kemudahan penggunaan e-commerce Tokopedia di masa pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Rachmat, S. A. . (2023). Pengaruh Persepsi Testimoni, Persepsi Kualitas Layanan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce Tokopedia Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Depok, Jawa barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3606–3612. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11587