Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya dan Iklim Sekolah

Authors

  • Jimson Sitorus Universitas Kristen Indonesia
  • Bernadetha Nadeak Universitas Kristen Indonesia
  • Lamhot Naibaho Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11566

Abstract

Mutu pendidikan sangat ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti sistem, sumber daya, pembiayaan, manajemen, dan lain-lain. Upaya pembaharuan harus terus dilakukan demi tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu. Namun demikian, pada sekolah tertentu, terkadang belum mencapai mutu yang dikehendaki sesuai standar. Kemampuan manajerial merupakan salah satu faktor penting agar tercapai mutu pendidikan. Berdasarkan masalah ini, tujuan penelitian dalam tulisan ini adalah untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai manajer dalam menciptakan budaya dan iklim sekolah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan pendekatan literature atau studi kepustakaan. Setelah menguraikan pembahasan tentang kepala sekolah, budaya, dan iklim sekolah, ditemukan hasil penelitian bahwa, budaya dan iklim sekolah merupakan upaya yang muncul dari kepala sekolah. Dialah figur penting agar tercipta budaya dan iklim dalam sebuah sekolah, yaitu pembiasaan dan suasana yang baik dan positif untuk mendorong semangat kerja dari para pendidik dan tenaga kependidikan. Bukan hanya itu, budaya dan iklim sekolah juga merupakan pembentukan karakter melalui pembiasaan dan perwujudan sekolah yang kondusif sehingga para peserta didik mendapatkan pembelajaran secara kondusif.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Sitorus, J., Nadeak, B. ., & Naibaho, L. . (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya dan Iklim Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4213–4221. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11566