Manajemen Produksi Dakwah Menggunakan Media Radio FM Medan

Authors

  • Erwan Efendi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Surya Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11538

Abstract

Manajemen Produksi Dakwah Menggunakan Media Radio FM Medan (Tinjauan Manajemen terhadap pengelolaan Media Radio Dakwah dengan menggunakan Radio Internet di Radio FM Medan. Penelitian ini berawal dari konsep terbentuknya radio FM Medan yang berawal dari memperluas syiar dakwah yang ada di Mesjid Al-mashun Medan dan Mesjid Fisabililah Medan, karena sebagai pusat syiar dakwah. Sehingga segala kegiatan di Mesjid Al-Mashun dan Mesjid Fisabililah Medan selalu disiarkan oleh radio FM. Dengan digunakannya radio internert FM ini agar dapat memperluas Dakwah oleh masyarakat se-indonesia bahkan mancanegara melalui jaringan internet. Semakin meluasnya jangkauan siaran maka didukung oleh manajemen produksi Siaran yang baik agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.Strategi dakwah program Ceramah Exklusif di radio FM Medan memiliki beberapa manajemen produksi, sehingga program unggulan ini, diantaranya: strategi dakwah yang pertama terletak pada Dai atau narasumber yang kompeten yang mengisi program tersebut. Strategi berikutnya terletak pada waktunya siang hari, dipilih karena sangat efektif dan menjadi pembeda dengan program kajian di radio lain yang kebanyakan pagi hari. Strategi dakwah juga pada kemasan program. Program “Ceramah Exklusif” bertopik tentang permasalahan rumah tangga yang dipilih dan juga membahas buku yang di tulisnya, dan juga melainkan langsung mendengar dan bertanya Dai atau narasumber menjawab. Dengan strategi inilah dapat menarik pengiklan untuk memasang iklan di radio FM. Hasil penelitian menunjukkan (1). Manajemen produksi siaran dakwah islam di radio FM merupakan suatu bentuk pengelolaan penyiaran yang melibatkan bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berhubungan, saling ketergantungan, dan memiliki fungsi yang berbeda, bergerak dinamis untuk menyampaikan pesan yang berupa ajakan, seruan dalam rangka untuk mempengaruhi pendengar agar timbul dalam dirinya suatu pengertian, kesadaran, sikap, penghayatan, serta pengalaman terhadap ajaran agama islam. (2) Dengan digunakannya radio internet sebagai media alternatif untuk berdakwah, pengelola radio FM berupaya meningkatkan manajemen produksi dengan memperhatikan sarana-sarana manajemen. Perhatian ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas penyiar, membuat program khusus untuk pendengar radio internet FM, dan menjalin kerjasama yang baik dengan pemilik server streaming yaitu citranet. Peningkatan manajemen produksi tersebut juga dilakukan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating,dan controling sehingga tujuan dakwah dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Efendi, E. ., Barus, S. ., & Siregar, A. . (2023). Manajemen Produksi Dakwah Menggunakan Media Radio FM Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3377–3387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11538

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>