Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Ummi Puji Astutik UIN Sultan Muhammad Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Khojir UIN Sultan Muhammad Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504

Abstract

Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh filosofi yang menjadi jalan hidupnya. Aliran filsafat pendidikan juga berperan dalam kemajuan bangsa yang tercermin dalam filsafatnya, baik yang bersumber dari ajaran agama maupun pemikiran-pemikiran para filosof yang telah muncul. Sebagai filsafat filsafat, ideologi perenialisme memandang bahwa setiap nilai yang hidup pada masa lalu dapat digunakan pada hari ini dan di sini, sehingga manusia harus terus menjaganya di era modern. Dalam artikel ini penulis terikat dengan tujuan penulisan yaitu untuk mendeskripsikan konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Metode dalam artikel ini adalah analisis deskriptif. Data yang penulis dapatkan akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan kesimpulan tentang konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Penulis menemukan temuan bahwa beberapa filosof Islam memiliki pendapat yang sejalan dengan filsafat perennialis. Para filosof ini memperkenalkan beberapa pandangan yang berbeda dari pemikir lainnya seperti ishrâqi, irfâny, wahdatul wujûd dan hikmah muta'âliyah. Kemajuan suatu bangsa banyak dipengaruhi oleh filsafat yang menjadi pandangan.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Astutik, U. P. ., & Khojir, K. (2023). Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3247–3256. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504