Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504Abstract
Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh filosofi yang menjadi jalan hidupnya. Aliran filsafat pendidikan juga berperan dalam kemajuan bangsa yang tercermin dalam filsafatnya, baik yang bersumber dari ajaran agama maupun pemikiran-pemikiran para filosof yang telah muncul. Sebagai filsafat filsafat, ideologi perenialisme memandang bahwa setiap nilai yang hidup pada masa lalu dapat digunakan pada hari ini dan di sini, sehingga manusia harus terus menjaganya di era modern. Dalam artikel ini penulis terikat dengan tujuan penulisan yaitu untuk mendeskripsikan konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Metode dalam artikel ini adalah analisis deskriptif. Data yang penulis dapatkan akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan kesimpulan tentang konsep filsafat perenialisme, filsafat perenialisme dalam pemikiran para filosof muslim dan pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap perenialisme. Penulis menemukan temuan bahwa beberapa filosof Islam memiliki pendapat yang sejalan dengan filsafat perennialis. Para filosof ini memperkenalkan beberapa pandangan yang berbeda dari pemikir lainnya seperti ishrâqi, irfâny, wahdatul wujûd dan hikmah muta'âliyah. Kemajuan suatu bangsa banyak dipengaruhi oleh filsafat yang menjadi pandangan.Published
2023-01-13
How to Cite
Astutik, U. P. ., & Khojir, K. (2023). Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3247–3256. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ummi Puji Astutik, Khojir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).