Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study For Learning Community di SMAN 3 Selong

Authors

  • Ari Saputra Universitas Gunung Rinjani
  • Riris Sugianto Universitas Teknologi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11402

Abstract

Pada abad 21 ini siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai konsep, namun juga memiliki keterampilan-keterampilan yang sangat berperan penting dalam kehidupan mereka. Seperti; keterampilan metakognitif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Kemitraan Dosen dan Guru LPTK yang merupakan program yang digagas oleh Sumberdaya Dikti Kementerian Pendoidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dimana didalamnya terjadi kolaborasi pembelajaran antara dosen dan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik terkait dengan bagaimana Teknik pengajaran, dan segala aspek didalam kelas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan questionnaire, observation, dan pengajaran, dan dokumentasi. Kegiatan KDS ini dilakukan dari bulan Juli hingga Desember dimana didalamnya terjadi plan, do, dan see dalam perancangan pembelajaran yang dilakukan dikelas melalui kegiatan buka kelas. Melalui kegiatan ini hal yang didapatkan adalah guru tealh menerapkan pembelajaran yang inivatif dikelas untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kemudian dosen mendapatkan lesson learned dari kegiatan lesson study di sekolah untuk menerapkan model pembelajaran inovatif dikmapus. Sehingga terjadi link and match antara sekolah dan perguruan tinggi yng menghasilkan calon guru. Melaui kegiatan ini guru dan dosen melakukan  rekonstruksi pembelajaran yang berimplikasi positif pada atmosfer pembelajaran kedepan.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Saputra, A. ., & Sugianto, R. . (2023). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study For Learning Community di SMAN 3 Selong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2772–2777. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11402