Analysis of Response Level the Students’s Academic Stress
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11392Abstract
Stress akademik mempengaruhi berbagai segi kehidupan manusia. Stress akademik memiliki dampak terhadap fisik dan psikis individu. Apabila stress akademik yang dialami siswa tidak diatasi maka dapat berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan mental bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level respon stress akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan siswa SMA 10 Padang berjumlah 139 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu stress academic scale. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif menggunakan software JASP (Jeffrey’s Amazing Statistics Program). Temuan penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan kondisi stress akademik siswa dominan berada pada kategori sedang 41%, tinggi 23%, dan sangat tinggi 5,8%. Selanjutnya level respon stress akademik siswa sebagai berikut untuk respondon dominan sedang dimana level respon perilaku lebih tinggi (40,3%) dibandingkan level respon fisik (38,2%) dan respon emosi (36,7%). Temuan ini dapat menjadi acuan bagi guru bimbingan dan konseling untuk memberikan pelayanan mereduksi level respon stress akademik siswa khususnya respon perilaku, fisik dan emosi siswa.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Barseli, M. ., & Sriwahyuningsih, V. (2023). Analysis of Response Level the Students’s Academic Stress. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2708–2715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11392
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mufadhal Barseli, Vera Sriwahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).