The Effect of Fieldwork Practices and Self-Confidence on Work Readiness of Vocational High School Students

Authors

  • Waradzi Mustakim Universitas Negeri Padang
  • Intan Witari Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Deviana Ridhani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik kerja lapangan dan kepercayaan diri siswa mempengaruhi kesiapan siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tilatang Kamang menghadapi dunia kerja. Metodologi ex post facto dan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penyelidikan ini. 24 siswa terdiri populasi penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Regresi linier sederhana dan metode pengujian regresi berganda digunakan untuk menilai analisis data. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,359, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa praktek kerja lapangan memiliki dampak yang baik terhadap kesiapan kerja. Kemudian dengan koefisien determinasi sebesar 0,229, kepercayaan diri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Terakhir, pengalaman kerja lapangan dan kepercayaan diri siswa sama-sama berkontribusi terhadap kesiapan kerja dengan koefisien determinasi sebesar 0,365.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Mustakim, W. ., Witari, I. ., Ambiyar, A., & Ridhani, D. . (2023). The Effect of Fieldwork Practices and Self-Confidence on Work Readiness of Vocational High School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2580–2591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11366