Hubungan Empati Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMA Negeri 5 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11343Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih tingginya perilaku agresif siswa. Empati dan kontrol diri merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. (1) empati, kontrol diri, dan perilaku agresif siswa, (2) hubungan empati dengan perilaku agresif siswa, (3) hubungan kontrol diri dengan perilaku agresif, (4) hubungan empati dan kontrol diri dengan perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 270 orang, sampel berjumlah 162 orang, yang dipilih dengan Teknik proportional random sampling. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, (1) secara rata-rata gambaran empati berada pada kategori tinggi, (2) kontrol diri berada pada kategori tinggi, (3) perilaku agresif berada pada kategori rendah, dan (4) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara empati dan kontrol diri dengan perilaku agresifDownloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Nasution, D. S. ., & Yusuf, . A. M. . (2023). Hubungan Empati Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2855–2860. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11343
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Devi Sakinah Nasution, A Muri Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).