Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun

Authors

  • Rizki Hayatun Nisa Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dewi Utami Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Fikri Halfia Ramadlan Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun. Teknik sampel menggunakan probability sampling dengan cara simple random sampling yaitu setiap item dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai subjek. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VII MTs Ma’had Al-Zaytun Indramayu, meliputi: a) Problem linguistik, berupa:  al-ashwat, sebagian siswa masih kesulitan membedakan bunyi huruf yang mirip saat sudah menjadi kalimat, al-mufradat, hafalan kosakata siswa sedikit sehingga siswa kesulitan dalam memahami dan menerjemah teks, al-qawaid, sebagian siswa masih kesulitan menerapkan kaidah dalam penyusunan kalimat. b) Problem non-linguistik, berupa: motivasi dan minat siswa dalam belajar bahasa Arab masih rendah, metode yang digunakan beberapa pendidik kurang bervariatif, waktu pembelajaran terlalu singkat, dan lingkungan berbahasa belum berjalan baik

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Nisa, R. H. ., Utami, D. ., & Ramadlan, F. H. . (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2942–2952. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11334