Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Authors

  • Aulya Chasovy Universitas Negeri Padang
  • Fadia kalma Lailani Universitas Negeri Padang
  • Febri Ananda Universitas Negeri Padang
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Rijal Abdullah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana pengaruh dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode dari penelitian ini adalah meta analisis. Metode ini menggabungkan beberapa penelitian sebelumnya, dengan variabel penelitian yang sama, untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Artikel yang dianalisis berjumlah 11 artikel, yang dikumpulkan melalui Google Scholar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkannya nilai Effect size (ES) dari masing-masing variabel penelitian. Nilai ES dikelompokkan berdasarkan tiga kategori, yaitu berdasarkan tingkatan kelas, mata pelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis artikel yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran memiliki rata-rata Effect Size (ES) paling tinggi pada kelas X dengan nilai 2,084, penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran akutansi memiliki nilai rata-rata ES yang paling tinggi di antara yang lainnya yaitu sebesar 2,27, dan model pembelajaran yang memiliki nilai rata-rata ES tertinggi adalah Think Pair Share (TPS) dengan nilai 2,79.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Chasovy, A. ., Lailani, F. kalma ., Ananda, . F. ., Jalinus, N. ., & Abdullah, R. . (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2306–2313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11310