Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11310Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana pengaruh dari model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode dari penelitian ini adalah meta analisis. Metode ini menggabungkan beberapa penelitian sebelumnya, dengan variabel penelitian yang sama, untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Artikel yang dianalisis berjumlah 11 artikel, yang dikumpulkan melalui Google Scholar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkannya nilai Effect size (ES) dari masing-masing variabel penelitian. Nilai ES dikelompokkan berdasarkan tiga kategori, yaitu berdasarkan tingkatan kelas, mata pelajaran, dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis artikel yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran memiliki rata-rata Effect Size (ES) paling tinggi pada kelas X dengan nilai 2,084, penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran akutansi memiliki nilai rata-rata ES yang paling tinggi di antara yang lainnya yaitu sebesar 2,27, dan model pembelajaran yang memiliki nilai rata-rata ES tertinggi adalah Think Pair Share (TPS) dengan nilai 2,79.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Chasovy, A. ., Lailani, F. kalma ., Ananda, . F. ., Jalinus, N. ., & Abdullah, R. . (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2306–2313. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11310
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Aulya Chasovy, Fadia kalma Lailani, Febri Ananda, Nizwardi Jalinus, Rijal Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).