Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) Pada Materi Listrik Statis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11306Abstract
Belajar merupakan suatu kegiatan kreatif. Belajar bukan berarti hanya menyerap tetapi juga mengkonstruk pengetahuan. Belajar fisika akan optimal jika siswa terlibat secara aktif dalam membuat, bukan hanya strategi penyelesaian, tetapi juga masalah yang membutuhkan strategi tersebut. Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Kerja(Worked Based Learning)dapat melatih siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Pada pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) siswa hanya diminta menyelesaikan soal yang disediakan. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) dalam meningkatkan prestasi siswa pelajaran Fisika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,39% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,22% dan siklus 3mencapai82,78%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII-IPA-2 dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Masbagik Kab. Lombok Timur.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Bahry, S. ., & Saputra, . A. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kerja (Worked Based Learning) Pada Materi Listrik Statis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2267–2275. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11306
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Saiful Bahry, Ari Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









