A Study Of Students’ Ability In Understanding Medical Vocabulary At Nursing English Class Of “Universitas Sumatera Barat”

Authors

  • Asis Warni Universitas Sumatera Barat
  • Allen Christy Jufri Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami kosa kata medis di Kelas Bahasa Inggris Keperawatan “Universitas Sumatera Barat”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik total sampling dipilih sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah keseluruhan sampel adalah dua puluh siswa. Instrumentasi penelitian ini adalah tes kosa kata. Hasil dan data penelitian menyatakan bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami kosa kata kedokteran berada pada taraf cukup baik hingga sangat baik. Sekitar 45% atau sekitar sembilan siswa berada pada tingkat sangat baik dalam memahami kosa kata medis, mereka mendapat nilai 82-92 dan tujuh di antaranya atau sekitar 35% pada tingkat baik. Nilai mereka berada di antara 72-78 dan sisanya, sekitar 20% atau empat siswa berada di level yang adil. Nilai mereka berada di kisaran 56-66. Kesimpulannya, enam belas siswa atau 80% dari total sampel berada pada tingkat baik hingga sangat baik dalam memahami kosa kata medis berdasarkan nilai mereka pada kisaran 72-92. Selanjutnya empat siswa atau 20% berada pada level cukup karena nilai mereka berkisar antara 56-66.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Warni, A. ., & Jufri, A. C. . (2023). A Study Of Students’ Ability In Understanding Medical Vocabulary At Nursing English Class Of “Universitas Sumatera Barat”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2209–2215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11290