PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Soni Bernadus Masus Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1129

Keywords:

Keterampilan Proses Sains IPA, Metode Eksperimen

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains IPA pada siswa kelas III SD Pelangi School Kecamatan Batam Kota. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran perencanaan pembelajaran keterampilan proses sains IPA, pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains IPA dan peningkatan keterampilan proses sains IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan persentase 69,23% dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61% dengan kategori baik. Dengan demikian, dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains IPA.

References

Agustiningsih. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pedagogi Vol.1 No.1, 47-55.

Indarti, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Mengukur Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 361-371.

Juhji. (2016). Pembelajaran Sains Pada Anak RHUDATFUL ATHFAL. Jurnal Pendidikan Guru Rhudatful Athfal Vol. 1 No. 1, 49-59.

Kolin. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako Vol. 02 No. 02, 158-167.

Mulyani. (2015). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Rangkaian Listrik IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesional Vol 4(3), 45-54.

Nur Aeni, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Ilmiah Vol. 2 No. 1, 71-83.

Pebriana, PH, dkk. (2019). Penerapan Model example Non Example Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains SD. Jurnal On Teacher Education Vol 1(1), 104-116.

Siregar, T. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen. SEJ Vol. 7 No. 1, 18-34.

Turdjai, dkk. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan Vol. 7 No. 2, 132-140.

Usman, S. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2020-08-30

How to Cite

Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1129

Issue

Section

Articles