Studi Kasus Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini di TK RES Cogitans School Pekanbaru

Authors

  • Dwi Anisak Nurul Fitri Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11277

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi anak dengan keterlambatan bicara dan memberikan terapi yang dapat diterima untuk anak dengan keterlambatan bicara. Penelitian ini dilakukan di sekolah TK res cogitans Pekanbaru. Fokus penelitian ini adalah seorang siswa TK berusia 3 tahun dengan huruf R dari sekolah res cogitans. Menurut informasi yang diberikan keluarga Rafka, ia tidak memiliki riwayat tuna wicara. Proses belajar Rafka di TK res cogitans identik dengan anak-anak lain, hanya saja ia mendapat perhatian ekstra khusus. Analisis deskriptif data mengungkapkan bahwa gejala anak-anak dengan masalah bicara dapat diidentifikasi dengan jelas karena kemampuan berbicara anak cukup berbeda. Jika seorang anak diidentifikasi mengalami kesulitan bahasa, terutama keterlambatan bicara, orang tua harus segera berbicara dengan spesialis tumbuh kembang atau terapis bicara.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Fitri, D. A. N. ., & Suryana, . D. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini di TK RES Cogitans School Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2135–2140. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11277