Studi Kasus Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini di TK RES Cogitans School Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11277Abstract
Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi anak dengan keterlambatan bicara dan memberikan terapi yang dapat diterima untuk anak dengan keterlambatan bicara. Penelitian ini dilakukan di sekolah TK res cogitans Pekanbaru. Fokus penelitian ini adalah seorang siswa TK berusia 3 tahun dengan huruf R dari sekolah res cogitans. Menurut informasi yang diberikan keluarga Rafka, ia tidak memiliki riwayat tuna wicara. Proses belajar Rafka di TK res cogitans identik dengan anak-anak lain, hanya saja ia mendapat perhatian ekstra khusus. Analisis deskriptif data mengungkapkan bahwa gejala anak-anak dengan masalah bicara dapat diidentifikasi dengan jelas karena kemampuan berbicara anak cukup berbeda. Jika seorang anak diidentifikasi mengalami kesulitan bahasa, terutama keterlambatan bicara, orang tua harus segera berbicara dengan spesialis tumbuh kembang atau terapis bicara.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Fitri, D. A. N. ., & Suryana, . D. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini di TK RES Cogitans School Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2135–2140. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11277
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dwi Anisak Nurul Fitri, Dadan Suryana, Nenny Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).