Manajemen Peserta Didik di Sekolah Anuban Sangkhom Islam Witaya School, Sadao Songkhla Thailand

Authors

  • Balqis Audrey Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
  • Abd Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan manajemen peserta didik di Sekolah Anuban Sangkhom Islam Witaya School, Sadao Songkhla Thailand. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil salah satu Sekolah di Anuban Sangkhom Islam Witaya School, sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anuban Sangkhom Islam Witaya School telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik, yaitu perencanaan peserta didik dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah peserta didik serta rasio perbandingan antara guru dan anak, Kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik dicatat ke dalam buku absensi, evaluasi peserta didik dilakukan melalui beberapa cara, yakni observasi dan wawancara. Pelaksanaan Kegiatan yang digunakan adalah dengan beberapa metode, yaitu “Metode Pendampingan”. Di mana suatu proses pemberian kemudahan yang diberikan pendamping kepada peserta dalam mengidentifikasi kebutuhan dan memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inisiatif dalam proses pengambilan keputusan sehingga kemandirian dapat diwujudkan. “Metode Interview” pengumpulan data melalui wawancara dilakukan tanya jawab secara langsung dengan sumber data dalam hal ini Mr.Taleb Kayem Selaku Kepala Sekolah School Sadao, Songkla, Thailand.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Audrey, . B. ., & Rahman, A. (2023). Manajemen Peserta Didik di Sekolah Anuban Sangkhom Islam Witaya School, Sadao Songkhla Thailand. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2042–2045. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11265