Analisis Strategi Pembelajaran IPA Kelas V MIS Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11263Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran IPA mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA, penggunaan metode, penggunaan media, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA di kelas V MIS Hidayatussalam. Subyek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas V dan semua siswa kelas V MIS Hidayatussalam yang berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas V menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi IPA di kelas V MIS Hidayatussalam guru tidak menyusun RPP, penggunaan metode pembelajaran IPA di kelas V menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi, penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru wali kelas V yaitu media visual berupa gambar dan buku LKS, dan media audio untuk menjelaskan materi yang diajarkan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru wali kelas V guru memberikan quiz secara tertulis kepada semua siswa. Berdasarkan hasil tersebut guru melaksanakan beberapa strategi dalam pembelajaran IPA di kelas V.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Aufa, . A., Andriani, P. ., Sukma, D. P. ., Juliani, S. F., Nurzal, S. A. ., & Munthe, A. R. . (2023). Analisis Strategi Pembelajaran IPA Kelas V MIS Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2036–2041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11263
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Aufa, Pipi Andriani, Dinda Patliana Sukma, Siti Fifi Juliani, Shafa Azzahra Nurzal, Abdal Rizky Munthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).