Analisis Strategi Pembelajaran IPA Kelas V MIS Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan

Authors

  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Pipi Andriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dinda Patliana Sukma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Siti Fifi Juliani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Shafa Azzahra Nurzal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Abdal Rizky Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran IPA mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA, penggunaan metode, penggunaan media, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA di kelas V MIS Hidayatussalam. Subyek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas V dan semua siswa kelas V MIS Hidayatussalam yang berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas V menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi IPA di kelas V MIS Hidayatussalam guru tidak menyusun RPP, penggunaan metode pembelajaran IPA di kelas V menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi, penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru wali kelas V yaitu media visual berupa gambar dan buku LKS, dan media audio untuk menjelaskan materi yang diajarkan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru wali kelas V guru memberikan quiz secara tertulis kepada semua siswa. Berdasarkan hasil tersebut guru melaksanakan beberapa strategi dalam pembelajaran IPA di kelas V.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Aufa, . A., Andriani, P. ., Sukma, D. P. ., Juliani, S. F., Nurzal, S. A. ., & Munthe, A. R. . (2023). Analisis Strategi Pembelajaran IPA Kelas V MIS Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2036–2041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11263