Implementasi Pengembangan Budaya dan Sistem Manajemen Ekonomi Syariah di Sasanuphatum School Pakpayoon Foundation, Phattalung

Authors

  • Rizka Januar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syahrul Amsari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11260

Abstract

Mayoritas agama yang dianut di negara Thailand adalah agama Budha sehingga perlu usaha bagi minoritas khususnya penganut agama Islam untuk mempertahankan jati dirinya sebagai muslim di Thailand. Salah satu cara yaitu melalui pengembangan sekolah Islam sebagai perantara untuk menanamkan ilmu-ilmu Islam di tengah perbedaan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan budaya sekolah Islam pada Sasanuphatum School Pakpayoon Foundation, Phattalung di Thailand. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa Sasanuphatum School Pakpayoon Foundation, Phattalung, Thailand. Penelitian ini adalah kualitatif desain fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengembangan budaya sekolah dan sistem ekonomi syariah Islam di Thailand yaitu dengan pembiasaan melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian yang menghasilkan budaya tersebut berkembang di sekolah Islam Thailand. Sekolah Islam di Thailand menjadi pondasi dasar dalam mengajarkan dan membudayakan ajaran agama Islam. Dalam pengembangan budaya sekolah, terdapat dukungan dan hubungan positif antara stakeholder.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Januar, R. ., & Amsari, S. . (2023). Implementasi Pengembangan Budaya dan Sistem Manajemen Ekonomi Syariah di Sasanuphatum School Pakpayoon Foundation, Phattalung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2019–2029. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11260