Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Ira Medan

Authors

  • Amini Amini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ririn Salsabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mega Sara Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Emilia Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ramadani Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pembelajaran di suatu kegiatan dimana seseorang berusaha untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar. Ada dua pihak yang terlibat dalam pembelajaran, yaitu. Siswa sebagai siswa dan guru sebagai moderator. Hal terpenting dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran antara siswa dan guru. Siswa sebagai penerima materi dan guru sebagai mediator materi. Adanya lingkungan belajar memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, sehingga pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih jelas dan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Kelebihan media pembelajaran juga dapat memberikan petunjuk kepada guru tentang cara mencapai tujuan pembelajaran, sehingga guru dapat menjelaskan materi yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa serta prestasi siswa dalam belajar. Sehingga siswa dapat berpikir dan menganalisis topik yang diajukan oleh guru dalam suasana pembelajaran yang sangat nyaman, dan siswa dapat dengan mudah memahami topik tersebut.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Amini, . A., Salsabila, R. ., Nst, M. S. ., Putri, E. ., & Syafitri, R. . (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Ira Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2228–2232. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11256